“INVESTASI BIBIT UNGGUL MENENTUKAN KESUKSESAN PEREMAJAAN SAWIT RAKYAT (PSR)”

17/09/2019 15:55:02

SEMINAR NASIONAL PEREMAJAAN SAWIT RAKYAT 10-11 JULI 2019

Oleh: Dr. Tony Liwang (PT Dami Mas Sejahtera)

 

Pada tanggal 10-11 Juli 2019, Sekretaris Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Antarjo Dikin, membuka seminar sawit nasional di Menara 165 Convention Center TB Simatupang dengan tema “Seriuskah Program Peremajaan Sawit Rakyat?”. Seminar ini berkaitan dengan pembenahan pengelolaan perkebunan sawit rakyat yang diharapkan dapat menjadi solusi peningkatan produktivitas sawit nasional. Dr. Tony Liwang, selaku Direktur PT Dami Mas Sejahtera turut mengisi acara sebagai pembicara. Secara garis besar, ada dua hal pokok yang beliau bahas yaitu mengenai tantangan produktivitas kelapa sawit nasional dan bibit unggul Dami Mas.

Menurut data Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (2018) mengenai Luas Area Tanam Kelapa Sawit di Indonesia, dari 12.000.000 ha pada tahun 2017 sampai 17.000.000 ha pada tahun 2018 terjadi kenaikan angka luas lahan kelapa sawit sebanyak 5.000.000 ha. Hal ini berdampak pada anjloknya harga CPO dikarenakan jumlah stok yang melimpah, sedangkan permintaan dari pasar ekspor rendah. Dapat disimpulkan, bahwa dalam bisnis kelapa sawit kita dihadapkan dengan tiga tantangan. Tantangan yang pertama adalah pertumbuhan lahan kelapa sawit sebesar 6.9% dan angka produksi (smallholders 5.7% dan private 9.8% untuk CPO dan PKO) yang tidak sebanding dengan angka peningkatan hasil produktivitas. Smallholders menunjukkan pertumbuhan negatif -1.0%, walaupun private sector dapat mencapai 2%. Tantangan kedua, yaitu Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2017-2018 naik 8.72% yang dianggap menjadi silent killer. Para pengusaha kelapa sawit dapat merugi karena mereka harus membayar tingginya cost of labor, namun produktivitas kelapa sawit tidak menunjukkan adanya kenaikan. Tantangan terakhir datang dari sumber daya alam itu sendiri, yaitu serangan Ganoderma dan kekeringan.

Dr. Tony Liwang mengatakan, pemerintah harus menaruh perhatian terhadap tiga tantangan ini. Sebagai tambahan, ia juga yakin bahwa dengan investasi bibit unggul Dami Mas, kesuksesan peremajaan sawit rakyat bukan hanya impian. Kecambah Dami Mas yang merupakan varietas terbaik Deli AVROS, memiliki barcode management yang memuat informasi mengenai tabung serbuk sari, tandan, benih selama pemrosesan, sertifikat benih, wadah benih, dan kotak benih. Selain itu, produksi minyak pada umur tanam muda (3-8 tahun) dapat menghasilkan 8-10 TBS/ha.

(BDP)