Sinarmas Agribusiness Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi 238 Warga

19/12/2018 08:59:39

REDAKSI  Dec 16, 2018

SINTANG, SAWIT INDONESIA – Sinar Mas Agribusiness and Food mengadakan bakti sosial operasi katarak gratis kepada 238 warga di Rumah Sakit Tingkat IV 07 02 Sintang, Kalimantan Barat. Kegiatan ini melibatkan pula relawan Tzu Chi, Perwakilan Sinar Mas Agribusiness and Food, dan Korem 121/Alambhana Wanawai Sintang, Sabtu (15 Desember 2018).

CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Kalimantan Barat, Susanto Yang, mengatakan baksos operasi katarak ini diikuti masyarakat dari empat kabupaten yaitu Sintang, Kapuas Hulu, Melawi dan Sekadau.

Sinarmas Agribusines bersama Korem 121/Alambhana Wanawai, dan relawan Yayasan Buddha Tzu Chi mengadakan bakti sosial Operasi Katarak gratis kepada 238 warga di Sintang, Kalimantan Barat.

 

Bakti sosial ini bagian dari kepedulian Sinar Mas yang rutin dilakukan di wilayah kerja, dengan cara mengadakan operasi gratis bebas katarak, hernia, dan bibir sumbing dalam radius lima kilometer dari wilayah kerja Sinar Mas yang diperuntukkan bagi keluarga kurang mampu.

Namun karena melihat banyaknya warga masyarakat yang menderita katarak, maka wilayah yang akan dibantu operasi diperluas dan bekerjasama dg Korem 121/ABW menjadi mencakup empat kabupaten.

“Baksos ini adalah kontribusi nyata perusahaan kepada warga masyarakat di bidang kesehatan. Selain kontribusi perusahaan untuk penyerapan tenaga kerja dan mendorong pembangunan ekonomi daerah,” kata Susanto Yang.

Masyarakat antusias mengikuti operasi katarak gratis yang ditujukan membantu warga kurang mampu.

 

Sintang dipilih menjadi lokasi kegiatan baksos ini karena melihat mobilitas yang lebih mudah dan sarana yang lengkap. Hal lain pun dikarenakan untuk menangani jumlah pasien yang lebih besar sehingga merupakan perluasan dari program kepedulian lima kilometer yang menjadi sebuah program rutin dan berkelanjutan yang dilaksanakan oleh para relawan Tzu Chi perwakilan Sinar Mas.

Sementara itu, Danrem 121/ABW, Kolonel Inf Bambang Trisnohadi menyambut baik digelarnya baksos pengobatan katarak bagi warga Sintang dan beberapa kabupaten sekitarnya.

“Baksos operasi katarak sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Juang Kartika Tentara Nasional Indonesia Angakatan Darat (TNI AD) yang diperingati setiap 15 Desember dan menjadi hari ulang tahun TNI AD,” kata Bambang.

Korem 121/Alambhana Wanawai Sintang sangat mendukung kegiatan baksos ini dengan menerjunkan personil dalam mencari pasien yang akan diobati. Korem 121/Alambhana Wanawai Sintang juga menyediakan prasarana untuk pelaksanaan baksos operasi katarak.

“Tahun ini, baksos operasi katarak menjadi sebuah momentum spesial bagi Korem 121/Alambhana Wanawai Sintang dalam memperingati ulang tahun TNI AD yang ke-73. Kami melibatkan dokter dan perawat dari personil kami untuk membantu masyarakat selama baksos operasi katarak berlangsung,” jelas Bambang.

Penyelenggara mwngadamen  screening terhadap dari 700 calon pasien. Hasilnya sebanyak 238 orang dinyatakan lolos tahap screening yang akan menjalani operasi pada 14 dan 15 Desember 2018.

Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Sintang, Abdul Syufriadi juga menyampaikan ucapan berterima kasihnya kepada Korem 121/ABW dan Yayasan Buddha Tzu Chi serta Sinar mas yang telah menggelar bakti sosial operasi katarak dalam bentuk program kepedulian sosialnya tersebut.

 

“Harapan kami, jumlah masyarakat yang menjadi peserta penerima program ini akan terus bertambah,” pungkas Abdul Syufriadi.

 

 

Sumber :

https://sawitindonesia.com/rubrikasi-majalah/berita-terbaru/sinarmas-agribusiness-gelar-operasi-katarak-gratis-bagi-238-warga/