Petani Kecil Kunci Dongkrak Produktivitas Sawit Indonesia

09/11/2017 10:56:38

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Para petani sawit skala kecil memiliki peran penting dalam mendorong peningkatan produktivitas sawit Indonesia. Terlebih petani kecil menguasai sekitar 40 persen lahan sawit di Tanah Air.

Namun demikian, produksi yang dihasilkan petani skala kecil masih sangat rendah, yakni hanya sekitar 30 persen. Pemicunya adalah rendahnya kualitas bibit sawit dan teknik pengelolaan lahan dan produksi yang ketinggalan zaman.

Untuk itu, para pemimpin industri kelapa sawit berkomitmen untuk menambah investasi dan berkolaborasi dengan para petani kecil demi meningkatkan produktivitas. Harapannya, produksi sawit dari petani kecil dapat meningkat 20 persen pada 2018 dari 11 juta ton pada 2016, kata Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono di Nusa Dua, Bali, Kamis (2/11/2017).

"Karena Indonesia tidak dapat melakukan perluasan lahan baru, cara paling memungkinkan untuk mendongkrak produksi adalah melalui peningkatan produktivitas, terutama untuk petani skala kecil," ujar Joko.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian mengatakan akan melakukan penanaman baru di lahan milik petani skala kecil sekitar 20.000 hektare tahun ini untuk mendongkrak produksi sawit, terutama dari lahan sawit eksisting. (NEDELYA RAMADHANI/m)

 

Sumber:http://www.borneonews.co.id/berita/78684-petani-kecil-kunci-dongkrak-produktivitas-sawit-indonesia